Membangun Usaha Laundry ; Mudah dan Simpel

10:12

Tidak semua orang bercita-cita duduk di kantor, menerima berkas dari atasan dengan deadline tertentu untuk segera diselesaikan. Mungkin ada yang membaca saat ini satu fikiran dengan saya. Hmm, sya enggan menjadi bawahan yang terus menerus di”dakwa” urusan kantor yang sebenarnya tidak sejalan dengan khazanah ilmu yang telah kita pelajari selama “nguliah”. Tidak terlalu idealis untuk mengatakan bahwa kita bisa sejajar dengan atasan kita. Kita bisa kok, beneran. Okey gimana caranya ? entrepreuneur pak. Jangan anda bayangkan bahwa penerimaan seorang karyawan kantor atau pegawai negeri sipi eselon 3 lebih besar dibanding dengan pedagang bakso yang memiliki 3 cabang di beberapa tempat. Hehehe….saya jarang menemukan PNS yang bisa bawa mobil keren, mahal ke jalanan besar. Kecuali ya PNS yang suka nilep uang rakyat. Ah udahlah jangan sebut mereka.
Yuk, kita rancang bisnis kita sedari sekarang. Hmm, bingung ya mau bisnis apa. Saya Tanya dulu deh, posisi tempat tinggal anda dimana ? apakah dekat pusat pendidikan, dekat dengan keramaian kota, dekat dengan kumpulan rumah yang di”indekos”kan. Kenapa anda tidak mencoba usaha laundry. jujur saya sedang melakukan bisnis plan itu. Saya diskusikan dengan dosen entrepreneur saya. Hasilnya, bingo! Ciamik pak….tinggal nunggu waktu aja, soalnya saya lagi nunggu siding skripsi..
Untuk daerah yang dekat dengan pusat pendidikan, usaha ini menjadi salah satu primadona bagi sebagaian orang yang “melek” bisnis. Apalagi ditambah dengan banyaknya rumah di kos-kan. Wah ini bener-bener jadi ladang duit. layaknya sepakbola, kita butuh strategi bisnis. Apalagi bagi masyarakat sekitar lokasi usaha masih “ndeso” dengan kata-kata “laundry”. Oleh karena itu, insting gagasannya diuji nih disini.
Hmmm, boleh lah saya share hasil diskusi saya dengan dosen. Hasilnya kayak gini, kalw ada pertanyaan langusung komen aja ke saya ya..hehehe (ataw kita ngobrol di pingbox, setiap hari saya online insyaAllah,)
klik untuk pesan

Strategi Bisnis
·         Masa Promo selama 3 bulan
o   Target pelanggan bulan pertama : 30 Member (direct and indirect selling)
o   Target member bulan kedua : 50 member (direct, indirect, mouth marketing selling)
o   Taget member bulan ketiga : 100 member (all marketing ways plus grand prize)
o   Strategi yang dijalankan adalah cuci baju sepuasnya hanya dengan Rp 50.000/bulan selama 3 bulan berturut-turut .
o   Bulan kedua dan ketiga akan diadakan kupon berhadiah bagi member  tetap. Hadiah akan diambil dari laba usaha.
·         Masa Bisnis Reguler setelah promo
o   Pelanggan tidak tetap akan diberikan harga kompetitif berkisar 4500/kg
o   Pelanggan tidak tetap akan mendapatkan cuci gratis setelah mencuci sebanyak 10 kali.
o   Akan diadakan kupon berhadiah bagi pelangggan tetap setiap bulan. Hadiah berupa setrika plus sprayer dan hadiah menarik lainnya.
o   Pelanggan tidak tetap yang mencuci lebih dari 5 kg (5 kupon) akan mendapatkan kupon untuk ditukarkan dengan hadiah menarik yang telah disediakan. Ex : Detergen plus sikat (100 kupon).
o   Sistem delivery service dan ketepatan waktu serta pelayanan yang ramah, sopan dan terbuka.
o   Pelanggan tetap akan dikenakan harga (price differencing strategy)sebagai berikut (selama 6 bulan setelah masa promo) :
§  Paket Hemat (segmen mahasiswa dan pelajar) : Rp 60.000 (kuota 20 kg)/bulan
§ Paket Luar Biasa (segmen keluarga kecil (4orang)) : Rp 80.000 (kuota 32 kg)/bulan
§  Paket Dahsyat (segmen keluarga sedang (4-6 orang)) : Rp 90.000 (kuota 48 kg)/bulan
§ Paket Kinclong (segmen keluarga besar (6-8 orang)) : Rp 100.000 (sepuasnya)/bulan
o   6 bulan selanjutnya harga akan dinaikkan secara bertahap untuk masing-masing paket sebesar RP 10.000-15.000

Investasi Awal
Mesin dan Lainnya
Mesin Cuci Samsung @ 2.300.000 x 3
Rp 6.600.000
Setrika Philips @250.000 x 2
Rp 500.000
Timbangan Duduk  10 Kg atau 25 Kg
Rp 150.000
Gantungan Baju 3 gross (144x3) @120.000
Rp 360.000
Keranjang @30.000 x 15 buah
Rp 450.000
Jepitan pakaian 500 buah
Rp 100.000
Meja Setrika @200.000 x 2
Rp 400.000
Sprayer @15.000 x 2
Rp 30.000
Rak Penyimpanan pakaian yang dipacking
Rp 500.000
Total
Rp 8.690.000
Advertising
Neon Box
Rp 350.000
Banner 1x4 M @100.000 x 4
Rp 400.000
Flyer A6 1000 lembar
Rp 150.000
Total
Rp 900.000
ATK
Nota 1 Lusin @5000
Rp 60.000
Total
Rp 60.000
Total Keseluruhan
Rp 9.650.000

Biaya Operasional per Bulan
Listrik
Rp 200.000
Plastic packing (ukuran 30x50, 35x50, 40x60, 60x100)
Rp 300.000
Gaji Pegawai @500.000 x 2 orang s
Rp 1.000.000
Deterjen
MLC Liquid Chemical Laundry @25 kg
Rp 275.000
Softener Liquid @15 L
Rp 90.000
Parfume @15 L
Rp 70.000
Total
Rp 1.935.000


Target penerimaan per bulan
·         3 bulan masa promo :
o   Bulan pertama (target 30 pelanggan tetap)
Rp 50.000 x 30 pelanggan = Rp 1.500.000 (1.500.000 - Rp 1.935.000 (biaya operasional bulanan)= -Rp 435.000 )
o   Bulan kedua (target 50 pelanggan tetap)
Rp 50.000 x 50 pelanggan = Rp 2.250.000 (2.250.000 - Rp 1.935.000 (BOB) = Rp 315.000)
o   Bulan ketiga (target 100 pelanggan tetap)
Rp 50.000 x 100 pelanggan = Rp 5.000.000 (5.000.000- Rp 1.935.000 (BOB) = Rp 3.065.000)
Estimasi jumlah penerimaan 3 bulan masa promo :
(Rp -435.000 + Rp 315.000 + Rp 3.065.000 = 2.945.000)

·         6 Bulan setelah masa promo

Paket
Target
Penerimaan
Paket Hemat
50 Pelanggan x Rp 60.000
Rp 3.000.000
Paket Luar Biasa
20 Pelanggan x Rp 80.000
Rp 1.600.000
Paket Dahsyat
20 Pelanggan x Rp 90.000
Rp 1.800.000
Paket Kinclong
10 Pelanggan x Rp 100.000
Rp 1.000.000
Total
Rp 7.400.000

                                Jumlah penerimaan 6 bulan setelah masa promo :
o   7.400.000 - 2.335.000 (BOB (gaji pegawai naik menjadi 700.000/person)) = 5.065.000
Estimasi pendapatan bersih selama 6 bulan
5.065.000 x 6 bulan = Rp 30.390.000

Estimasi total penerimaan bersih selama 9 bulan pertama
2.945.000 + 30.390.000 = Rp 33.335.000



baca

Saya belum memasukkan anggaran biaya untuk rekonstruksi bangunan. Saya menggunakan warung bekas jualan ibu, sekarang nganggur dan tidak produktif. Lokasi usaha sangat strategis karena sangat dekat dengan UPI Sumedang, SMK Negeri 1 Sumedang dan SMK N 2 Sumedang. Ada sekitar 100 rumah yang sekarang di-kos-kan. Untungnya belum ada kompetitor sama sekali. Total anggaran saya adalah kuran lebih 32 juta, karena saya tambahkan dengan biaya rekonstruksi bangunan yang hampir mencapai 20 juta. Estimasi BEP-nya adalah sekitar 9 bulan. Setelah mari kita nikmati masa-masa indah dengan menekuk uang di tangan kiri dan kanan. HeheheheUsaha laundry saya merupakan jasa kepemilikan 7 orang. Saya keluarkan 7 saham yang nomilnya berbeda-beda. Jadi kalw boleh dikata, saya ini Cuma modal proposal, keberanian dan kepercayaan. Proposal bisnis saya laku, saham udah dibeli. Hehehe asik……ayo ayo ayo…

You Might Also Like

0 komentar